Peralatan Rostec memastikan fungsi «Turkish Stream».

Peralatan pompa gas GPA-25 dibuat oleh Perseroan Terbatas (PT) “UEC Gas Turbines” (bagian dari United Engine Corporation dari Rostec State Corporation) berfungsi di stasiun kompresor kunci di bagian proyek Rusia.

Sebanyak 14 peralatan pompa dengan kapasitas masing-masing 25 MW diberlakukan di stasiun kompresor “Kazachya”, “Korenovskaya” dan “Shahtinskaya”(bagian dari PT Gazprom). «Turkish Stream» menghubungkan sistem transportasi gas Turki dengan cadangan gas terbesar di Rusia secara langsung dan menyediakan pasokan sumber daya energi ke Turki, Eropa Selatan dan Tenggara.

“Peralatannya menggunakan teknologi canggih dari perekayasaan peralatan turbin gas. Kelompok perusahaan kami yakni "Turbin Gas UEC", "UEC-Perm Motors" dan "UEC-Aviadvigatel" terlibat dalam penciptaan itu. Dengan memperhitungkan kekhususan proyek, GPA-25 diadaptasi untuk berfungsi di wilayah selatan dengan peningkatan aktivitas seismik,” catat Oleg Evtushenko, Direktur Eksekutif Rostec State Corporation.

Rostec memasok peralatan pompa gas dan peralatan turbin gas ke PT Gazprom dalam rangka program kerja sama sampai tahun 2030. Selama kerja sama untuk kepentingan Gazprom produksi peralatan pompa gas dengan kapasitas dari 4 sampai 25 MW dikembangkan dan digunakan, jumlah total sekitar 300 unit dengan kapasitas total lebih dari pada 3 GW dipasokkan.