Mesin diproduksi "ODK-Kuznetsov" memastikan peluncuran wahana antariksa kargo

Mesin roket RD-107A/RD-108A, yang diproduksi oleh perusahaan Samara "ODK-Kuznetsov" (bagian dari United Engine Corporation), memastikan dengan sukses peluncuran wahana antariksa kargo "Progress MS-15" di dawah program Stasiun Luar Angsaka Internasional.

Pada tanggal 23 Juli pukul 17:26 waktu Moskow, dari papan peluncuran No. 31 Kosmodrom Baikonur diluncurkannya wahana antariksa kargo "Progress MS-15", yang dimasukkan ke orbit oleh roket pembawa "Soyuz-2.1a". Mesin utama RD-107A/RD-108A tahap pertama dan tahap kedua, yang diproduksi di pabrik "ODK-Kuznetsov", telah bekerja tanpa komentar yang negatif. Peluncuran ini menjadi start kedelapan di tahun ini untuk jenis roket pembawa "Soyuz", yang diproduksi oleh United Engine Corporation.

Modifikasi sistem propulsi dari mesin utama RD-107A/RD-108A digunakan untuk tahap 1 dan 2 jenis roket antariksa R-7 (termasuk roket jenis "Soyuz") sejak tahun 1958. Saat ini, mesin seperti ini diproduksi secara massal oleh "ODK-Kuznetsov" dengan dukungan desain dari pengembang NPO "Energomash". Statistik keandalan lebih dari 99,9%.

Penyandaran ke modul "Pirs" segmen Rusia dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berlangsung pada hari yang sama pukul 20:44 waktu Moskow. Wahana antariksa kargo mengirimkan lebih dari dua ton kargo ke ISS, termasuk cadangan bahan bakar dan gas dengan massa total 600 kg, serta 1.520 kg berbagai peralatan dan kargo, termasuk peralatan sumber daya untuk kontrol di atas kapal dan sistem pendukung kehidupan, pengepakan untuk eksperimen di ruang angkasa, bahan sanitasi dan higienis, pakaian dan obat-obatan, ransum makanan standar, dan 420 liter air dalam tangki.

https://rostec.ru/news/dvigateli-odk-obespechili-zapusk-transportnogo-korablya/